Analisa Iklan Kentucky Fried Chiken (KFC) dan Public Relation

Image
Kentucky Fried Chiken (KFC) merupakan pemimpin global dalam bisnis kategori fast food dengan menggunakan menu andalan daging ayam goreng. Selain menawarkan produk ayam goreng, KFC juga memenuhi selera konsumen dengan menu pilihan lain seperti nasi, kentang goreng, spaghetti, cream soup, twister, dan burger serta menawarkan produk-produk baru seperti combo double, colonel yakiniku, dan juga menyesuaikan dimana selera konsumennya di berbagai-bagai negara. KFC menspesialisasikan perusahaannya pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai “jagonya ayam” dengan target pasar keluarga segala usia dan segmentasi pasar yang dibidik adalah anak-anak usia 6-15 tahun, dan remaja 16-25 tahun. Strategi pemasaran KFC dengan memberikan inovasi baru pada setiap hal untuk kemajuan produknya itu ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. KFC memberikan bukti pada konsumen bahwa perusahaan fast food ini tidak akan tergeser oleh beberapa perusahaan makanan cepat saji lainnya. Kalau strategi pemasaran KFC yang dijalankan tidak sesuai maka bukan hanya saat ini mungkin sudah dari dulu KFC kalah dengan pesaing lainnya.
Berikut beberapa strategi pemasaran KFC :
• Kesempurnaan resep masakan
KFC selalu menyempurnakan cita rasanya setiap saat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumennya. Cita rasa yang selalu disempurnakan tersebut merupakan inovasi untuk tetap menjadi yang terdepan dari jajaran makanan cepat saji.




Inovasi yang disempurnakan ini mampu menciptakan kreasi menu baru yang beragam dengan tidak melupakan cirri khas dari KFC.
• Fasilitas yang lengkap
KFC dalam setiap outletnya selalu memberikan berbagai fasilitas yang lengkap kepada konsumen yang datang. Strategi pemasaran KFC ini merupakan pendukung untuk memberikan kepuasan pada pelanggan yang lengkap,diantaranya tersedianya layanan internet gratis, tempat bermain anak.



Dengan pemberian fasilitas yang lengkap pada setiap outlet counternya makakonsumen akan semakin tertarik.
• Pemilihan Lokasi
KFC di bangun dengan penempatan lokasi yang strategis sesuai dengan mobilitas masyarakat. Sebagian besar KFC didirikan pada daerah yang memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi. Dengan pemilihan lokasi yang tepat itu diharapkan konsumen bisa menjangkau counter KFC dengan mudah.
• Strategi harga
KFC menerapkan strategi harga dengan memberikan berbagai penawaran harga yang menarik kepada konsumennya. Di antara strategi ini adalah dengan memberikan paket harga yang sangat menarik dan menguntungkan bagi konsumennya.
• Partnership dengan perusahaan lainnya
Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan KFC adalah dengan merangkul beberapa industri music untuk bekerjasama sehingga melalui music KFC bisa berpromosi baik untuk kalangan remaja maupun dewasa.
Selain itu dalam hal promosi ini KFC memberikan hadiah kepada konsumen dengan beberapa CD music yang telah di buat dari kerjasama tersebut. Inilah mengapa sampai saat ini KFC tetap selalu terdepan dalam segi apapun.
KFC juga memanfaatkan media televisi,radio untuk mempromosikan produk mereka dengan cara memasang iklan.yang tentunya dengan cara ini sangat efektif untuk membuat masyarakat penasaran dengan rasa makanan atau minuman yang ditawarkan terutama untuk menu baru.

Tentu dengan dilakukannya strategi pemasaran tersebut sangat berdampak positif terhadap perusahaan KFC diantaranya,semakin banyaknya konsumen yang membeli,semakin setianya konsumen-konsumen yang sebelumnya sudah percaya akan cita rasa produk kfc dan tentunya hal itu membuat omset KFCpun meningkat,sehingga hingga saat ini masih banyak orang yang mengandalkan menu kfc sebagai menu makan mereka saat di luar rumah ataupun untuk makan di rumah melalui pesan antar kfc. Oleh karenanya, perusahaan KFC pun hingga kini masih terus bertahan dalam persaingan restoran-restoran makanan cepat saji.

Dari segi Iklan Public Relation

Salah satu contohnya adalah saat KFC kehabisan stock ayam di Inggris. Senin, 19 Februari 2018, waktu setempat. Masalah itu muncul pada akhir pekan lalu setelah jaringan restoran tersebut mengalihkan kontrak pengirimannya ke DHL.



Credit: Twitter


Di ambil dari 'cuitan' akun resmi KFC Inggris, mereka meminta maaf dan menjelaskan masalah yang sedang di alami perusahaannya.
dengan kejadian tersebut banyak konsumen yang kecewa. KFC Inggris mendapatan respon yang kurang baik. dan kritikan.

Namun pihak Public Relation KFC tidak hanya diam. mereka membuat sebuah iklan melalui surat kabar. yang berisi :


Iklan dengan gambar sebuah ember khas KFC yang biasanya selalu berisi ayam ini menjadi kosong, mengambarkan permasalahan  yang sedang di alaminya, yaitu kehabisan ayam. serta logo KFC yang sengaja di ganti dengan tulisan FCK yang mengartikan "FUCK". mendapatkan respon positif dapat di tangkap mudah oleh masyarakat Inggris.








Serta pesan yang berisi:
“Sebuah restoran ayam tanpa ayam. Ini tidak ideal. Maaf yang mendalam pada semua pelanggan kami, terutama yang sudah menuju ke restoran kami dan mendapati kami tutup. Terimakasih tak terkira kepada semua tim KFC dan partner-partner franchise kami yang bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki keadaan. Ini adalah minggu menegangkan, namun kami terus memperbaiki, dan kini setiap hari bertambah terus ayam segar yang dikirim ke restoran kami. Terimakasih untuk tetap bersama kami”.

Tindakan unik dan brilian KFC ini menjadi viral, dan diberitakan positif oleh banyak media massa di berbagai belahan dunia, antara lain di USA Today, CNBC, Independen, dan juga media-media lainnya. dan perlahan-lahan KFC Inggris mendapatkan kembali kepercayaan dari konsumen dan masyarakat.
Ini menjadi salah satu kasus PR yang sangat unik dan kreatif. tidak dengan permintaan maaf yang terlalu formal yang kadang masih membenak rasa kekecewaan pada konsumennya. dengan cara yang unik dan lucu justru pihak PR KFC mendapat aspresiasi yang positif.|


Source

Comments

Popular Posts