Pengertian dan Jenis Iklan Baris, Kolom Advertorial, dan Display

1.   Iklan Baris

Iklan Baris yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Classcified Advertising merupakan salah satu cara dalam promosi barang atau jasa yang seringkali ditemukan di koran. Metode ini adalah pengembangan dari promosi iklan yang menonjollkan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang secara lengkap dan sangat detail dalam bentuk teks.
Iklan baris lebih murah dan iklan lain sebab hanya dalam bentuk baris dan kolom yang sangat terbatas, letaknya juga berada di lembar khusus dan dibagi menjadi beberaja jenis barang atau jasa yang ditawarkan agar memudahkan konsumen.
Seringkali iklan baris hanya mengandung informasi yang dibutuhkan dan hanya memerlukan beberapa baris saja. Pada umumnya koran mempunyai syarat iklan baris minimal 2-3 baris, yang lengkap dengan nomor telepon, alamat, dan lainnya.
Ciri-ciri iklan baris:
  • Hanya berisikan informasi penting, menjadikan ditulis dengan secara singkat dan seringkali mempunyai 2 hingga 3 baris.
  • Dimuat dengan berkelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan, seperti mobil, rumah, tanah, jasa
  • Tidak memerlukan ilustrasi grafis
  • Ada fakta dan opini iklan
  • Biasa pemasangan yang murah sebab hanya memerlukan tempat yang kecil dalam surah kabar
  • Dalam bentuk kalimat pendek seringkali menggunakan singkatan, ada juga iklan yang lengkap dengan gambar yang ukurannya sangat kecil dan tidak berwarna.
  • Seringkali dilengkapi dengan no. Telepon yang dapat dihubungi.
Jenis-jenis iklan baris:
  • Iklan Penawaran (Jasa/Barang) yaitu Iklan penawaran merupakan iklan yang menawarkan jasa ataupun barang
  • Iklan Pencarian yaitu Iklan pencarian yaitu iklan yang memberikan suatu informasi pencarian
  • Iklan Penjualan yaitu Iklan penjualan yaitu iklan yang berisikan informasi penjualan barang
  • Iklan Lowongan yaitu Iklan lowongan yaitu iklan informasi lowongan kerja untuk yang membutuhkan pekerjaan.

2.   Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom, memuat informasi barang atau jasa dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Selain penawaran barang dan jasa, ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka.
Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ada yang berukuran satu halaman koran. Semakin gambar dalam iklan kolom menarik, maka kesempatan dibaca oleh pembaca akan semakin lama dan senang melihatnya.

Biaya pasang iklan kolom tergantung dari ukurannya, semakin besar kolom iklan maka akan semakin mahal, berbeda dengan iklan baris yang ditetapkan berdasarkan jumlah kata atau baris.
Ciri-ciri iklan kolom:
·        Berisi informasi berupa kata-kata singkat, beserta gambar ilustrasi.
·        Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ukurannya satu halaman penuh di koran.
·        Isi iklan kolom biasanya berisi penawaran barang dan jasa serta iklan pribadi, contohnya pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka cita.


3.   Iklan Advertorial

Iklan ini adalah iklan yang isinya lebih banyak menonjolkan tulisan/artikel, dengan tujuan pembaca bisa mengetahui lebih detail tentang suatu produk atau jasa, karena advertorial disajikan dalam bentuk tulisan bisa menampilkan berbagai keunggulan produk/jasa yang ingin ditampilkan dalam suatu iklan.
Sifat-sifat advertorial terdiri dari:
·        Informatif, yaitu iklan memiliki sifat memberitahukan atau memperkenalkan produk, jasa, dan kegiatan yang ditawarkan. Advertorial informatif ini menggunakan gaya penulisan langsung atau straight news.
·        Eksplanatif, yaitu bersifat menjelaskan dan menguraikan produk, jasa, dan kegiatan secara langsung.
·        Interpretif, yaitu bersifat menginterpretasikan informasi atas produk, jasa, dan kegiatan yang dilakukan dengan memberikan sejumlah komentar atau keterangan.
·        Persuasif, yaitu bersifat membujuk khalayak umum untuk mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis atau pembuat iklan.
·        Influentif, yaitu bersifat mendorong adanya aksi dari khalayak umum dan mengarahkan timbulnya suatu tindakan.
·        Memuji, yaitu bersifat memberikan pujian atas informasi yang diberikan agar khalayak umum menjadi mudah untuk tertarik.
·        Argumentatif, yaitu bersifat membuktikan sesuatu dengan pemberian argumen dan uraian-uraian yang analitis.
·        Eksploratif, yaitu bersifat mengungkapkan dan menjelaskan secara mendalam informasi yang diberikan pada khalayak umum.

4.   Iklan Display


   Iklan display adalah jenis iklan yang menonjolkan kesan visual dengan gambar dan desain yang menarik. Biasanya iklan display ditempatkan pada media cetak maupun elektronik dengan porsi space yang lebih besar.Di sini ada beberapa contoh gambar dan desain iklan display lengkap dengan kata-kata, kalimat, teks, atau caption promosi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa iklan display yang ditampilan disini bersumber dari berbagai media di internet.


1.  Iklan Display Vertikal
  •   yang pertama adalah iklan display dengan ukuran vertikal, yakni jenis iklan berupa gambar yang biasanya dipakai untuk banner, x-banner, mini-banner, dan lain-lain.Iklan display yang kami ambil bersumber dari iklan Google AdSense yaitu Divi 4.0.
      2.   Iklan Display Horizontal
  •   Iklan display juga ada versi horizontal atau memanjangnya. Iklan jenis ini biasanya digunakan untuk media promosi spnaduk, baliho, billboard, dan sejenisnya. Mungkin kita pernah menjumpai spanduk iklan jual beli rumah di tengah jalan, itu juga termasuk iklan display.
3.   Iklan Display dan Penjelasan
4.   Iklan Display dan Gambar

Comments

Popular Posts