Perkembangan dan Sejarah Multimedia

Membahas multimedia memang erat kaitannya dengan kehidupan kita di zaman modern ini. Saya mencoba menjelaskan sejarah multimedia dan perkembangannya sampai bisa hadir dalam kehidupan kita sehari-hari. Tujuan menjelaskan ini adalah agar kita semua mengetahui dengan pasti tentang multimedia mulai dari awal mula tercetusnya sebuah kata multimedia.

Mungkin banyak yang menganggap mengetahui sejarah dan perkembangan multimedia itu tidak penting. Tetapi sebagian besar menganggap ini penting. Bukan tanpa alasan, kita kan setiap hari menggunakan media, jadi kita harus tahu dong pengertian multimedia itu apa? Dampak hadirnya multimedia, dan yang tidak kalah penting sejarah multimedia. Semua hal itu sangat penting dan menarik untuk diketahui.

Sejarah multimedia


Sebenarnya sejarah multimedia itu berawal dari sebuah teater. Bukanlah berawal dari sebuah komputer seperti yang kita gunakan sekarang. Dulu, sebelum munculnya komputer teater merupakan pertunjukan yang ramai ditonton pada masa itu. Pertunjukan tersebut biasanya membutuhkan lebih dari satu peralatan. Peralatan inilah kemudian disebut sebuah media dan pertunjukan tersebut disebut pertunjukan multimedia.
Pada saat itu, teater multimedia mencangkup sebuah monitor, karya pertunjukan seni manusia dengan diiringi synthesizer band. Sistem multimedia seperti ini sudah mulai digunakan pada akhir tahun 1980-an. Tepatnya pada tahun 1987 saat diperkenalkannya sebuah hypercard oleh Apple. Selain itu juga mulai di umumkan yang sebuah perangkat lunak audio visual connection (AVC), Video adapter card untuk PS/2 oleh IBM pada tahun 1989.

Sejak itulah sejarah multimedia dimulai. Dari dua pelopor perusahaan tersebut membuat setiap pemasok perangkat keras dan perangkat lunak beralih ke multimedia. Ini berdasarkan bukti pemasaran 700 produk dan sistem multimedia pada tahun 1994. Sebuah citra visual dengan mudah dapat dipadukan ke sebuah sistem perangkat lunak yang terdapat pada perangkat keras seperti dari kamera video ke pita atau piringan video dan scanner optic. Input audio dapat dimasukan lewat microfon, kemudian ke kaset pita atau Compact disk.

Perkembangan multimedia

Pada tahun 1877. Seseorang bernama Thomas Alva Edison adalah orang yang bertanggung jawab atas penemuan suatu kamera film. Penemuan kamera film oleh Thomas Alva Edison kemudian diikuti dengan eksperimen-ekperimen sinematografis. Tahun 1910 hingga tahun 1927 menjadi era film bisu. Era ini kemudian berakhir pada tahun 1927 dengan kemunculan film berjudul The Jazz Singer, yang merupakan film bersuara pertama.

Perkembangan Multimedia di Bidang Pendidikan

Jika kita lihat dalam bidang pendidikan, multimedia memiliki peranan yang sangat penting dalam metode pembelajaran yang berkembang. Kita berbicara seputaran Indonesia. Jika kalian tahu kalau sistem pembelajaran dulu tidaklah secanggih sekarang ini. Jika dulu seorang guru mengajari siswanya hanya dengan lisan dan tulisan, sekarang sistem belajar sudah menggunakan perangkat multimedia seperti komputer, internet, dan perangkat multimedia lainnya.

Penyampaian materi pelajaran semakin efektif sejak munculnya komputer multimedia di lingkungan pendidikan. Secara otomatis, kualitas lulusan yang dicetak akan lebih mahir teknologi dan berani bersaing dengan negara maju lainnya. Di dalam pemanfaatan multimedia ini, penyampaian materi bisa melalui berbagai aspek seperti suara, video, animasi, teks, grafik. Seiring semakin berkembangnya teknologi, sistem belajar online (e-learning) juga semakin banyak digunakan.

Perkembangan dalam bidang bisnis


Dalam segi bisnis, multimedia juga semakin dikembangkan. Salah satu pengembangan multimedia di kalangan perusahaan besar adalah dalam bidang virtual learning. Salah satu contohnya adalah perusahaan NASA yang menggunakan virtual flight control dalam praktek atau traning untuk calon astronot.



Perkembangan lainnya adalah dalam sistem informasi perusahaan yang menggunakan internet. Ini terbukti pada tahun 1998, internet mulai dikembangkan sebagai salah satu alat komunikasi global yang ada dimana-mana. Saat itu, perusaahan Microsoft telah merencanakan untuk menyediakan internet di rumah-rumah. Saat itupun ketersediaan IP secara detail factory mulai tumbuh dan berkembang sebagai standar perusahaan besar dalam bidang teknologi informatika.

Perkembangan multimedia dalam bidang telekomunikasi

Saat ini, semua aktivitas dapat kita lakukan dengan komputer multimedia yang kita miliki. Setiap saat dan tiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi multimedia. Teknologi multimedia tersebut bisa dipakai untuk alat bantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Bukan hanya tu kalangan, hampir semua golingan bisa memakai komputer. Entah itu dari golongan bawah sampai dengan golongan kelas atas. Komputer sekarang ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Lalu peranan apa yang dapat diambil oleh satelit komunikasi dalam bidang ini?



Internet dan segala jenis jasa komuniksai yang berkaitan dengan satelit adalah perlengkapan yang dapat mengubah struktur dan jasa satelit komunikasi secara mendasar. Ada 4 kunci pengembangan dalam internet dan telekomunikasi yang dapat mempengaruhi industri satelit komunikasi antara lain:
  1. Kebutuhan koneksi dalam kapasitas besar atau pita lebar sebagai pendukung utama (backbone) internet serta penghubung ISP.
  2. Kebutuhan akan akses internet kecepatan tinggi yang diperlukan oleh pengguna/pelanggan.
  3. Pengembangan sebuah teknologi video-on-demand dalam lingkungan internet.
  4. Permintaan untuk akses internet dan komunikasi secara universal ke seluruh belahan dunia.

Perkembangan multimedia dalam bidang hiburan

Televisi merupakan media baru untuk abad ke-20. Pada tahun 1950an, televisi menjadi media yang populer. Kepopuleran televisi di tahun 1950an itu membuat video menjadi suatu media tersedia secara umum dan sejak itu mengubah dunia komunikasi massa. 

Sekarang sudah semakin dikembangkan ke gerak atau kinetik. Sensasi menikmati sebuah tayangan video ini sekarang akan terasa nyata dengan perpaduan teknologi kinetik, suara, gambar, video dan teks. Multimedia mulai menggabungkan unsur kinetik ke dalam ruah video hiburan sejak diaplikasikannya film 3D (dimensi). Penonton dapat menikmati sensasi gerak pada kursi tempat duduk. Itu buat sensasi menonton film lebih real atau nyata.



Itulah salah satu perkembangan di bidang hiburan. Sebenarnya masih banyak yang dapat kita lihat. Seperti contoh penggunaan virtual reality, streaming video, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, penggunaan multimedia juga mulai berkembang di lingkungan perusahaan penyiaran. Munculnya tv digital membuat tayangan televisi lebih jernih jika dibandingkan teknologi tv analog.

Kesimpulannya:

Sejarah Multimedia itu dimulai dari sebuah teater pertunjukan. Teater ini disebut dengan teater multimedia. Setelah itu pada tahun 1987, Apple meluncurkan hypercard. lalu IBM yang tidak ingin ketinggalan. Pada tahun 1989 meluncurkan perangkat lunak audio visual connecting (AVC), Video adapter card untuk PS/2. Dari situlah penggunaan teknologi multimedia semakin berkembang sampai dengan saat ini. Mulai dari perusahaan besar yang menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras multimedia sampai dengan masyarakat umum.

Hingga saat ini perkembangan multimedia akan selalu berkembang mengikuti se-iringnya zaman yang semakin modern. dan tanpa kita sadari hampir semua sarana dan fasilitas yang kita gunakan dan kita lihat sehari-hari adalah hasil dari berbagai multimedia yang beragam-ragam. Semoga perkembangan multimedia ini akan terus menuju ke ranah yang lebih baik dan positif di kemudian hari se-iring majunya zaman yang modern ini.


Sumber : baguz.net kompasiana.com

Comments

Popular Posts